SOSIALISASI SDGs DAN PEMBENTUKAN POKJA RELAWAN PENDATAAN DESA

  • Selasa, 13 April 2021 - 07:39:32 WIB
  • ZIAT WJ
SOSIALISASI SDGs DAN PEMBENTUKAN POKJA RELAWAN PENDATAAN DESA

LB.Haji News. Sosialisasi pemutakhiran data SDGS desa  secara keseluruhan mulai dilaksanakan di beberapa desa lingkup pemerintahan Kecamatan Labuhan Haji. SDGS desa merupakan upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merat, desa peduli kesehatan, desa peduli pendidikan dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dengan adanya pemutakhiran data desa ini nantinya akan menentukan status suatu desa. status tersebut meliputi desa tertinggal, desa berkembang, atau desa mandiri. sehingga pendataan harus dilakukan dengan baik dan, data harus berdasarkan keadaan yang sebenar-benarnya.

Menurut Camat Labuhan Haji SDGS desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan dana desa tahun 2021. Sosialisasi (sdgs) dan pembentukan pokja relawan pendataan desa tahun 2021 di desa Penedagandor dan desa Labuhan Haji hari senin kemarin (12/4)l bertujuan   pendataan penduduk yang berbasis digital sesuai amanat menteri desa terkait pembahasan pembangunan desa yang berkelanjutan.

“ Pengolahan dan analisis data dilakukan secara elektronik oleh sistem informasi  yang sangat memadai,” ujar Rede Hardede pendamping Desa Kecamatan. Nantinya hasil pengolahan dan data SDGS desa dapat  dilihat oleh pemerintah desa secara detil. Dan rekapnya dapat dilihat oleh pemerintah daerah pada level kecamatan, kabupaten kota dan provinsi, serta masyarakat pada umumnya.

“ Jadi kegiatan ini untuk mengenalkan ke tingkat desa bagaimana tataran pelaksanaan nanti agar pada saat pendataan tidak terjadi gejolak sosial, tapi yang lebih penting yakni  data yang tersaji nanti memotret kondisi real di tingkat desa,” ujar Rede menambahkan.

Pada kesempatan yang sama Kades Labuha Haji, Fahminudin bersama Polmas dan Babinsa menyerahkan peralatan pendataan secara simbolis kepada relawan petugas pendataan untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula kantor desa Labuhan Haji.

“ Upaya pencapaian SDGS desa dalam situasi dan kondisi pandemi covid-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian SDGS desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa,” paparnya Fahminudin. [zw

  • Selasa, 13 April 2021 - 07:39:32 WIB
  • ZIAT WJ

Berita Terkait Lainnya