Mulai 2019, BID Akan Dilaksanakan Di Masing-Masing Kecamatan

  • Kamis, 20 Juni 2019 - 09:55:35 WIB
  • Administrator

radiokancanta.com – Dalam acara Musyawarah Antar Desa (MAD) I Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Labuhan Haji yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Labuhan Haji pada Kamis (16/5), Camat Labuhan Haji, Yusmeli Hartini mengungkapkan bahwa mulai tahun ini, pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) tidak lagi dilaksanakan secara terpusat di tingkat kabupaten. Namun, diamanatkan untuk dilaksanakan di masing-masing kecamatan atau gabungan antar 2 atau 3 kecamatan yang berdekatan.

Menyikapi hal tersebut, Yusmeli mengharapkan seluruh desa bersama dengan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Labuhan Haji agar mempersiapkannya dengan seoptimal mungkin agar kegiatan BID dapat memberikan manfaat yang banyak bagi kemajuan desa dengan lahir dan berkembangnya inovasi-inovasi di desa dari waktu ke waktu.

Untuk itu, lanjutnya, para Kepala Desa, BPD dan LKMD diharapkan mampu memanfaatkan keberadaan TPID dalam menggali potensi-potensi inovasi yang dapat dikembangkan di desa masing-masing. Demikian juga diharapkan agar TPID membuka diri seluas-luasnya bagi pemerintah desa dalam melakukan pendampingan pengelolaan program inovasi yang dikembangkan di desa.

Dalam kesempatan ini, Yusmeli juga menyampaikan bahwa tidak perlu ada reshuffle pengurus TPID Kecamatan Labuhan Haji, dikarenakan pengurus yang ada dinilai masih layak melanjutkan program yang digerakkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TPID Kecamatan Labuhan Haji, Ilham Saumi memaparkan sejumlah hasil program yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 lalu. Di antaranya memberikan pendampingan Desa Banjarsari dan Desa Penede Gandor serta Desa Labuhan Haji dalam pengelolaan potensi wisata yang dimiliki. (kis)

  • Kamis, 20 Juni 2019 - 09:55:35 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait